Sabtu, 20 Februari 2010

The Dynamic Tower yg ramah lingkungan

Inilah mahakarya dari seorang desainer asal Italia, David Fisher. Pertama kali diperkenalkan di Amerika Serikat dgn nama The Dynamic Tower. Dgn teknologi yg dinamakan dynamic architecture, Fisher memperkenalkan sebuah bentuk gedung yg bisa bergerak. Dan untuk pertama kali.a bangunan itu akan berdiri di dubai.
Klo masih bingung, coba bayangin mainan kayu berbentuk ikan yg sering dijual di jalanan. Walaupun terbuat dari bahan padat, tp bodi ikan itu bisa meliuk-liuk krna berongga dgn satu poros yg menunjang stiap potongan badan.a.


Begitu jg dgn bangunan ini yg rencana.a bkl menjulang setinggi 420 m (hampir sama dgn menara petronas di kuala lumpur). Menara ini didesain dgn bersegmen-segmen serta mempunyai titik pusat. Sehingga memungkinkan setiap lantai.a beputar secara independen pd kecepatan yg berbeda secara terus menerus.

Cara pembuatannya jg unik. Pertama kali yg dibangun adalah poros menara.a. Selain berfungsi sebagai pusat tumpu, poros ini jg berguna untuk mengangkut tiap bagian lantai yg terpisah dari atas ke bawah. Malah rencananya, menara ini bkl dilengkapi dgn voice recognition untuk mengendalikan pergerakan setiap lantai.


Menara ini berputar menggunakan energi photovoltaic cells, yg dihasilkan dari teknologi turbin angin. Kira-kira ada 77 turbin yg akan diletakan disetiap sela-sela antar lantai. Krna turbin ini pula, menara ini nantinya bkl ramah lingkungan krna bisa memproduksi energi sendiri. Bahkan memberi pengaruh baik bagi lingkungan.a berupa listrik dan hawa sejuk.

Rencana.a menara ini bkl diisi dgn berbagai macam jenis fungsi. Sepuluh lantai teratas akan digunakan untuk luxury villa style apartments. Kemudian 25 lantai di bawah.a untuk residential suites. Lalu 15 lantai dibawahnya lagi untuk extravagant hotel. 20 lantai sisa.a untuk kantor dan pemasaran.

Mega proyek ini melibatkan 600 tim dari Italia dan 80 tim yg diletakan di lokasi pembangunan, disamping dari ribuan pekerja lainnya. Tunggu aj peresmian.a pd tahun 2010.

Related Post



0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright (c) 2012 A Simple Thing of My World. Design by WPThemes Expert

Themes By Buy My Themes and Web Design.