Sabtu, 13 Maret 2010

10 Cara unik menipu otak kita

Pikiran adalah aspek dari kecerdasan dan pengalaman kesadaran sebagai kombinasi dari pemikiran, persepsi, memori, emosi, keinginan dan imajinasi, termasuk semua proses kognitif bawah sadar. Pikiran menggambarkan dirinya secara subyektif sebagai arus kesadaran. Otak manusia bisa menipu kita kapan saja. Anda tidak benar-benar melihat apa yang anda lihat secara nyata atau Anda bahkan tidak benar-benar mendengar atau mencium dengan cara seharusnya. Berikut adalah beberapa cara menipu otak kita.

1.Ganzfeld Procedure
Awalnya mungkin ini terdengar seperti sebuah lelucon,tetapi ini benar-benar terjadi. Mulailah dengan menyalakan radio dan memilih stasiun yg memutar musik/siaran dg tetap. Kemudian berbaring di sofa dan selotip sepasang bola pingpong yg sudah dibelah di kedua mata Anda. Dalam beberapa menit Anda akan mengalami distorsi indra yg aneh.
Beberapa orang melihat kuda berjingkrak di awan atau mendengar suara kematian. Hal ini menjelaskan bahwa ternyata pikiran mengalami kecanduan sehingga ketika ada sedikit rasa (dari bola pingpong dan suara radio statis) otak Anda akan mengakhirinya dg menciptakan ilusinya sendiri.
keterangan lengkap tentang Fenomena Ganzfeld dimari

2.Shrink your Pain

Apabila Anda mengalami cedera/terluka, kemudian lihat bagian yang luka tersebut dengan teropong terbalik, segera rasa sakit Anda akan terasa berkurang.Baru-baru ini, seorang peneliti di Oxford University telah memimpin sebuah penemuan baru dari pembunuh rasa sakit, yaitu teropong terbalik. Para ilmuwan menunjukkan bahwa subyek yang memandang tangan mereka yang terluka melalui sebuah teropong dg cara terbalik, membuat tangan tampak lebih kecil, pengalaman ini secara signifikan mengurangi rasa sakit dan menurunkan pembengkakan. Menurut para peneliti, ini menunjukkan bahwa bahkan sensasi tubuh dasar seperti nyeri dipengaruhi oleh apa yang kita lihat. Jadi lain kali jika jari Anda terpotong, jauhkan tangan anda.
keterangan lengkapnya dimari

3.Confuse your Proprioreception

Cara ini membutuhkan dua kursi dan sebuah penutup mata. Orang yang memakai penutup mata harus duduk di kursi belakang, menatap punggung orang yang duduk di depan. Orang yang ditutup matanya lalu memegang hidung orang yg duduk di depannya. Pada saat yang sama ia harus memegang hidungnya sendiri dan dengan lembut mulai membelai kedua hidung. Setelah sekitar 1 menit, lebih dari 50% subjek mengatakan bahwa hidung mereka menjadi sangat panjang. Oleh karena itu ini disebut Pinokio's Effect.Pinokio effect adalah ilusi bahwa hidung tumbuh lebih panjang lagi, seperti yang terjadi pada karakter sastra Pinokio ketika ia berbohong

4.Confuse your Mindedness

Angkat kaki kanan beberapa sentimeter dari lantai dan kemudian mulai bergerak searah jarum jam. Sementara Anda melakukan ini, gunakan jari telunjuk kanan tangan anda untuk menggambar angka 6 di udara. Kaki Anda akan berubah gerakannya berlawanan arah jarum jam dan tidak ada yang dapat Anda lakukan dg hal itu.
Sisi kiri otak Anda, yang mengontrol sisi kanan tubuh Anda, yang bertanggung jawab untuk irama dan waktu. Sisi kiri otak Anda tidak bisa menghadapi operasi dua gerakan yang berlawanan pada waktu yang sama sehingga menggabungkan mereka ke dalam satu gerakan.
keterangan lengkapnya dimari


5.Confuse your Hearing

Hal ini dapat dilakukan dengan tiga orang, satu menjadi subjek dan dua objek lain/pengamat dan kita juga memerlukan headset yg terhubung ke pipa plastik. Mintalah subjek untuk duduk di kursi di antara Anda dan pengamat kedua. Sekarang, setiap salah satu dari pengamat memegang pipa pada sisi yang sesuai dan satu per satu berbicara ke dalam pipa. Subjek dengan tepat memberitahu arah suara. Sekarang pertukaran pipa-pipa dan ulangi berbicara ke dalam pipa. Otak subjek akan menjadi bingung dan dia akan menunjuk ke arah yang berlawanan dari suara.

6.Confuse your Depth Perception
Persepsi kedalaman adalah kemampuan visual untuk melihat dunia dalam tiga dimensi (3D). Melihat pemandangan yang Anda belum lihat sebelumnya atau masuk ke dalam bioskop 3D dengan satu mata tertutup akan mengubah cara pikiran Anda merasakan sesuatu.
Persepsi kedalaman muncul dari berbagai isyarat kedalaman. Ini biasanya digolongkan ke dalam isyarat binocular yang memerlukan masukan dari kedua mata dan isyarat monocular yang memerlukan masukan hanya dari satu mata. Isyarat Binocular, termasuk stereopsis, menghasilkan kedalaman dari visi binocular melalui eksploitasi paralaks. Karena (secara definisi), persepsi kedalaman binocular memerlukan dua mata yg msh berfungsi, seseorang dengan hanya satu mata yang berfungsi tidak memiliki persepsi kedalaman binocular. Dan karenanya melihat di dalam bioskop 3D dg satu mata tidak menjadi hal yang luar biasa seperti seharusnya, terlebih bagi orang yg hanya memiliki satu mata sejak lahir.

7.Feel a Phantom Sensation

Sensasi Phantom digambarkan sebagai sebuah persepsi dari pengalaman seseorang yang berkaitan dengan anggota tubuh atau organ yang tidak secara fisik bagian dari tubuhnya. Sensasi yang paling sering tercatat terjadi setelah amputasi tangan atau kaki, tetapi mungkin juga terjadi setelah pemindahan payudara atau organ internal.

8.18000 Hz Sine Wave

Download Suara Wave disini: 18000Hz Sinewave
Cobalah dengarkan suara yg Anda download ini. Suara ini disebut "di bawah 20-an". Ini adalah gelombang sinus di 18.000 Hz (sebagai perbandingan, suara peluit anjing di 16.000 - 22.000 HZ - yang berarti anjing dapat mendengar suara ini juga). Suara ini digunakan oleh beberapa remaja sebagai nada dering ponsel mereka sehingga hanya mereka (dan orang lain dari kelompok usia mereka tentunya) dapat mengetahui bahwa telepon berdering.
Telinga bagian dalam dari manusia memiliki desain fungsional untuk mendengar suara dalam berbagai frekuensi. Mendengar bukan hanya fungsi dari telinga saja tetapi juga amplitudo osilasi ke otak. Ketika orang semakin tua mereka kehilangan kemampuan untuk mendengar suara bernada tinggi, itulah alasan bahwa hanya orang-orang muda dapat mendengar suara ini, suara ini terlalu tinggi bagi kebanyakan orang yang berusia di atas 20 tahun.

9.Confuse your photoreception

Tataplah tanda plus di titik pusat dari gambar hitam dan putih diatas kira-kira 30 detik dan kemudian lihat pada dinding di sekitar Anda, Anda akan melihat titik terang, berkediplah beberapa kali, apa yang kau lihat? atau bahkan siapa yang Anda lihat?



Tataplah mata burung beo merah sementara sambil menghitung sampai 20, kemudian langsung melihat salah satu titik di sangkar burung yang kosong. Samar-samar, akan muncul burung biru-hijau di sangkar. Coba hal yang sama dengan burung warna hijau, dan samar burung magenta akan muncul.

Saat sebuah gambar dilihat pada jangka waktu tertentu (biasanya sekitar 30 detik) dan kemudian diganti dengan bidang putih, satu jenis efek yg disebut "afterimage" akan muncul. Penjelasan umum yang diberikan untuk afterimage adalah bahwa fotoreseptor (batang dan kerucut) dalam mata menjadi "lelah", dan tidak berfungsi sebagaimana ketika fotoreseptor belum lelah."kelelahan" sebenarnya disebabkan oleh pemutihan sementara dari pigmen peka cahaya yang terkandung dalam fotoreseptor. Hal ini mengakibatkan informasi yang dihasilkan oleh fotoreseptor tidak seimbang, menyebabkan afterimages muncul.
keterangan tentang afterimage dimari

10.Confuse your Cognition

Lihatlah gadis yang berputar. Apakah Anda melihatnya berputar searah jarum jam atau berlawanan arah jarum jam? Saya melihatnya berputar berlawanan arah jarum jam, tetapi saya mampu beralih dalam arah lain, yang sulit bagi banyak orang. Cobalah.
Ini adalah gambar dua dimensi yang hanya bergeser ke belakang dan sebagainya. Tapi otak kita tidak berevolusi untuk menafsirkan representasi dari dunia 2D tetapi sebenarnya dunia 3D. Jadi pemrosesan visual kita mengasumsikan kita sedang melihat sebuah gambar 3-D dan ini digunakan sbg petunjuk untuk menafsirkan seperti itu. Atau, tanpa petunjuk yang memadai mungkin saja secara sepihak memutuskan yang paling cocok - berputar searah jarum jam atau berlawanan. Dan sekali ini dipilih, ilusi selesai, kita melihat sebuah gambar 3-D berputar.
Dengan melihat sekeliling gambar, dengan fokus pada bayangan atau beberapa bagian lain, Anda mungkin akan memaksa sistem visual Anda untuk merekonstruksi gambar dan mungkin memilih arah yang berlawanan, dan tiba-tiba gambar akan berputar dalam arah yang berlawanan.
keterangan lengkapnya dimari

Related Post



1 komentar:

Nadja Tirta mengatakan...

Keren artikelnya, thanks 4 posting ya :)

Posting Komentar

 
Copyright (c) 2012 A Simple Thing of My World. Design by WPThemes Expert

Themes By Buy My Themes and Web Design.